Kaledoskop 2016

Penghujung tahun 2016 tinggal beberapa hari lagi, udah banyak kejadian-kejadian yang menarik soal game-developer yang tahun ini saya jalanin, dan saat ini saya akan mencoba menulis ulang apa yang terjadi pada tahun 2016

Apa yang saya lakukan pada tahun 2016

Pada awal tahun saya mulai serius mempelari teknologi HTML5 (karena tuntutan pekerjaan), sebetulnya saya itu mulai berjalan pada akhir 2015, tapi pada tahun ini saya mengetahui lebih dalam soal html5, dan saya mempelajari beberapa game engine di tahun 2016, Phaser, Impactjs, SuperPower-HTML5, dan beberapa game engine yang tidak tercover atau saya baru membaca feature ataupun tutorial penggunaanya seperti panda-js, kiwi-js.

Selengkapnya

Membuat "Find A Way : Lets Connect Dots" dengan HTML5 Phaser

Setelah sebulan yang lalu saya menyelesaikan tutorial membuat duck shooter dengan unity, saya banyak mencoba beberapa game di google play, dan salah satunya adalah game puzzle dari Zero Logic Game yang berjudul Find A Way :Lets Connect

Game ini cukup menarik perhatian saya, karena gameplay yang simple serta banyak sekali level didalamnya, dan kali ini saya mencoba untuk membuat prototipe dari game tersebut dengan Phaser Framework

let's-connect

Selengkapnya

Duck Shooter dengan Unity part-10

Halo

Okeh hari ini saya akan melanjutkan tutorial duck-shooter saya yang terakhir :) yaitu memasukan “music” dan “sfx” pada game kita

Pertama yang saya lakukan adalah membuka Main menu screen dan membuat gameobject baru dan diberi nama “music”, kalian bisa mencari music gratis di freesound.org atau bensound.com, dan jangan lupa membaca license yang ada. (license CC 3.0 “dimana kalian harus memberikan credits kepada pembuat musicnya”)

Selengkapnya

Duck Shooter dengan Unity part-9

Halo-halo,

Saatnya melanjutkan kembali duck-shooter kita, dan hari ini kita akan membuat sistem Pause. Okeh, yang pertama kamu lakukan adalah men-download assets yang sudah saya siapkan, kamu bisa download disini. (Tapi jika kamu punya assets yang lain kamu boleh menggunakanya)

Selengkapnya

Duck Shooter dengan Unity part-8

Helo,

Tutorial duck shooter kali ini akan membahas batasan waktu permainan, sehingga pada saat pemain melebihi batasan waktu yang telah di berikan, maka permainan kita hentikan. Sebelum dimulai, tarik napas dalam-dalam, karena tutorial hari ini cukup panjang 🙂

Selengkapnya