Mengenal Defold Game Engine

Halo Semua..

Udah ganti taun neh, dan pada akhir tahun kemaren saya sempet share analytic video saya tentang phaser3, dan ternyata penontonya ada. Walau tidak banyak tapi ada. Itu udah cukup buat saya melanjutkan series tutorial ini.

analytic video 90 hari kebelakang

Nah disela omongan tersebut ada request dari salah satu temen “x / twitter” om Ube yang request buat tutorial dengan defold. Sebetulnya udah kepikiran dan saya udah pernah buat juga walau dengan durasi pendek(dan ada di youtube short).

catatan

Oh iya, artikel ini ada versi video juga. Jika tertarik buat nonton videonya bisa di cek link youtube ini. Dan mungkin artikel dengan video ada perbedaan sedikit, tetapi punya tujuan dan makna yang sama

Apa itu defold

Defold adalah game engine free dan open source, serta cross platform. Bahasa yang digunakan adalah lua dan c++, tapi untuk saat ini saya hanya menggunakan lua scriptnya saja.

Kelebihan Defold

Beberapa key feature dari defold :

  • crossplatform, dimana kita bisa buat 1 game code dan bisa release di berbagai platform seperti android, iOS, nintendo switch, ps4, mac-os, linux, windows, html5.
  • zero setup policy, ini yang keren menurut saya, jadi kita bisa build game keplatform lain tanpa setup, dan hanya install defold. Yes hanya install defold aja.
  • No breaking changes, jadi setiap update tidak akan membuat code yang lama jadi tidak jalan.
  • Small and performent, ini juga penting karena game mobile dengan ukuran kecil dan web game dengan ukuran mini.

Selain itu untuk kenapa seh milih defold bisa di baca di sini https://defold.com/why/

Cara menggunakan defold

Gampang tinggal ke https://defold.com/download/ dan pilih platform yang kalian pake, lalu setelah itu tinggal di gunakan aja.

Nanti tapilan pertama defold kurang lebih seperti ini

Tampilan awal defold

Nah dari situ kalian bisa liat project yang terakhir yang kalian gunain, atau mau membuat project baru. Untuk saat tutorial ini kita akan membuat project baru. Klik “New Project” dan pilih “Empty project”, dan kasih Title dari project yang di buat, dan disitu akan ada lokasi dari folder project yang kita buat, dan setelah selesai klik “Create New Project”. Untuk mengatur lokasinya kalian bisa mengubahnya dengan klik “…” pada foldernya.

Setup project defold

Setelah selesai kalian akan melihat tampilan dari defold, dan tapilanya akan seperti ini

Defold UI

Pada sisi kanan adalah outline (file dan penjelasanya disini), dibawahnya ada “properties”, ditengah yang besar adalah editornya. Dibawah editor adalah tools, dan kiri yang paling atas “Assets” dan dibawahnya adalah “Change files” tempat dimana kita gunain git untuk pengaturanya.

Okeh, karena ini project pertama yang harus dilakukan adalah mengatur display project pada “game.project”. Saya mengatur project display menjadi 640x480 atau width 640, dan height 480

Dan untuk testing pertama kita dengan tekan “F5” dan nnti akan keluar tampilan kosong sepert ini.

Defold build empty

Penutup

Untuk perkenalan saya rasa udah cukup. Nextnya kita ada build gamenya dari project yang udah dibuat, dan mulai dari situ. Oh iya untuk lebih detail tetang defold kalian bisa cek di situsnya https://defold.com/manuals/introduction/