Kaledoskop 2017

Sepertinya tahun 2017 akan segera berakhir, dan sama seperti tahun 2016 kemaren. Saya mencoba menulis kembali apa saja yang sudah saya lakukan pada tahun 2017 dan apa rencana yang akan saya ingin lakukan di tahun mendatang, serta melihat kembali apakah sesuai dengan target tahun lalu saya.

Apa yang saya lakukan pada tahun 2017

Seperti tahun kemaren, focus utama saya adalah berkutat pada HTML5 dan javascript yang merupakan pekerjaan saya sehari-hari.

Di tahun ini saya akhirnya bisa menyelesaikan Game Multiplayer html5 saya (walau masih banyak kekurangan dalam game tersebut). Game tersebut menggunakan node-js dan socket.io sebagai servernya, dan ini membuat wawasan saya sedikit terbuka tentang kedua hal tersebut, selain itu hal tesebut juga bisa menjadi acuan, landasan ataupun pengetahuan dasar buat saya jika ingin membuat game dengan multiplayer online.

Selain itu di tahun ini saya mencoba membuat simple bot pada LINE platform, walau tujuan awalnya ingin mengikuti challenge DICODING (walau gagal karena ga berhasil membuat bot secara utuh 😓 ), tetapi tulisan saya tentang membuat bot dengan python sangat tinggi sekali (counter rate), bahkan melebihi tulisan saya yang lainnya. Oh iya kalian bisa baca tulisan tersebut disini

Dan diakhir tahun 2017, saya mulai mempelajari game engine / game framework baru (babylonjs, threejs, game maker). Dari ke 3 game engine/framework tersebut, saya lebih focus dengan babylonjs(project kantor) dan game maker(project sendiri). Selain itu ada saya juga membuat beberapa tulisan tentang game maker, dan bagaimana saya mempelajarinya.

img kaledoskop 2017

Pencapaian pada 2017

Okeh kita lihat kembali checklist saya di tahun lalu :

  1. Membuat 6 game secara utuh (release distore manapun)
  2. Membuat 25 tulisan blog untuk tahun depan (masih seputar dunia game developer), dan lebih terjadwal
  3. Menyelesaikan setidaknya 3 Buku yang saya baca dan menuliskan (review) tentang buku tersebut. (saya mendapat beberapa buku gratis atau free-ebook secara legal dan berbayar secara online)

Faktanya adalah tidak ada satupun hal yang terpenuhi :

  1. Di tahun ini saya hanya bisa membuat 2 game dan release (check disini)
  2. saya hanya membuat 7 tulisan (walau di awal mulai teratur, tetapi saya kewalahan dalam membuatnya)
  3. Hanya 1 buku yang berhasil saya review

Saya melihat ada 2 faktor yang menyebabkanya, yang pertama adalah mungkin target saya terlalu muluk (tidak sesuai dengan kemampuan saya), atau saya memang tidak mempunyai effort untuk menyelesaikanya. Well, apapun itu saya harusnya bisa lebih focus dalam mencapainya.

Target Tahun 2018

Dikarenakan tahun ini saya 100% gagal dalam menyelesaikan target, maka di tahun depan saya akan menuliskan target tahun sebelumnya

  1. Membuat 6 game secara utuh (sepertinya saya lebih focus pada platform mobile)
  2. Membuat 25 tulisan blog untuk tahun depan (masih seputar dunia game developer), dan lebih ter-schedule
  3. Menyelesaikan setidaknya 3 Buku yang saya baca dan menuliskan (review) tentang buku tersebut. (saya mendapat beberapa buku gratis atau free-ebook secara legal dan berbayar secara online)

okey that is it.. semoga di tahun depan saya bisa lebih produktif dan berhasil mengatur diri saya sendiri lebih maximal

Cheers Reopucino