Kaledoskop 2016

Penghujung tahun 2016 tinggal beberapa hari lagi, udah banyak kejadian-kejadian yang menarik soal game-developer yang tahun ini saya jalanin, dan saat ini saya akan mencoba menulis ulang apa yang terjadi pada tahun 2016

Apa yang saya lakukan pada tahun 2016

Pada awal tahun saya mulai serius mempelari teknologi HTML5 (karena tuntutan pekerjaan), sebetulnya saya itu mulai berjalan pada akhir 2015, tapi pada tahun ini saya mengetahui lebih dalam soal html5, dan saya mempelajari beberapa game engine di tahun 2016, Phaser, Impactjs, SuperPower-HTML5, dan beberapa game engine yang tidak tercover atau saya baru membaca feature ataupun tutorial penggunaanya seperti panda-js, kiwi-js.

Saya juga memulai mencari tahu apa itu nodejs pada tahun ini, dan sampe sekarang saya masih belum mengerti soal nodejs, bagaimana menggunakan grunt, gulp, socket.io (untuk socket.io pembelajaran ke arah tersebut mulai rutin saya lakukan), dan beberapa package nodejs yang lain.

Saya juga mulai mencoba menulis blog ini kembali pada tahun 2016, Mulai dari perkenalan “keseriusan saya dengan html5”, hingga membuat tutorial duckshooter dengan Unity.

Selain itu saya juga mulai mencoba aktif kembali dalam gamedev meetup jakarta (karena memang baru akhir tahun ini si buat kembali)

Pencapaian pada 2016

Untuk soal ini bisa di bilang, masihlah sangat buruk. Walaupun secara kasat mata saya tidak menulis apapun tentang target yang ingin di capai pada tahun ini, tetapi saya merasa “seharusnya saya bisa lebih dari ini”. Untuk tahun ini saya hanya membuat beberapa prototipe game, dan hanya menghasilkan 1 game yang release. all

Game yang release

Selain itu, di tahun ini saya berhasil menorehkan 20 postingan blog (tutorial, release game, ataupun info yang lain)

Target Tahun 2017

Untuk tahun 2017, saya mencoba untuk lebih produktif dan mencoba menargetkan beberapa hal

  1. Membuat 6 game secara utuh (release distore manapun)
  2. Membuat 25 tulisan blog untuk tahun depan (masih seputar dunia game developer), dan lebih ter-schedule
  3. Menyelesaikan setidaknya 3 Buku yang saya baca dan menuliskan (review) tentang buku tersebut. (saya mendapat beberapa buku gratis atau free-ebook secara legal dan berbayar secara online)

Okey.. that’s it, semoga kalian semuanya juga siap untuk menatap kedepan.

Cheers 🙂