Membuat game penebang pohon dengan phaser part6
Halo,
Saya balik lagi meneruskan lanjutan dari penebang pohon. Untuk tutorial kali ini saya menambahkan sound efek dan background music untuk gamenya. Untuk part sebelumnya kalian bisa download di link ini
catatan
ini adalah tutorial dengan text untuk tutorial pembuatan game lumberjack / penebang pohon dengan menggunakan phaser framework. Jika mau liat videonya kalian bisa ke link youtube ini
Oh iya sebagai informasi, antara versi tulisan dan video mungkin tidak serupa, tapi memiliki tujuan sama, dan hasil akhir yang sama.
koding
Langsung saja, pastikan kalian mempunyai audio yang sudah disiapkan, jika belum bisa download BGM di https://opengameart.org/content/happy-adventure-loop dan kalian mungkin bisa cari sound effectnya disitu juga, atau kalian bisa merecordnya seperti saya.
Tapi jika kalian mau pake sound dari saya juga ga masalah silahkan ambil disini
preload assets sound efek dan bgm
pada fungsi preload, tambahkan kode dibawah ini
1 | function preload(){ |
jika sudah, kita akan memanggil bgm
untuk di mulai, didalam fungsi create. Kalian bebas meletakanya dimana saja, klo saya meletakan sebelum pembuatan background.
1 | function create(){ |
setelah itu jangan lupa untuk memanggil sound efek saat pohon di potong. cek fungsi input keyboard, dan periksa code seperti dibawah
1 | if (!tumbukan) { |
Perlu di ingat klo input keyboard kita ada kanan dan kiri, jadi dimasukan keduanya.
Penutup
Okeh segitu aja.. kali ini tulisanya lebih cepat 😀, untuk tutorial kali ini kita mempelajari
- load audio dipreloader
- play audio, baik bgm ataupun sfx. Untuk bgm, kita hanya perlu menabahkan object tambahan saat diplay. seperti
loop : true
Oh iya jika kalian ingin melihat full code dari tutorial ini silahkan cek atau download filenya disini.