Problematic menggunakan Game Maker Studio 1.4 untuk port android

Judulnya panjang banget kali ini 🙂 tapi memang seperti itu adanya, pada tulisan kali ini saya mencoba memberikan gambaran-gambaran masalasah (dan cara mengatasinya) yang saya rasakan saat membuat Game dengan Game Maker Studio 1.4 untuk port android.

Saat saya mencoba pertama kali membuat sebuah aplikasi kosong dengan Game Maker, beberapa kendala saya alami adalah :

“The following packages are not available: - Package id platforms;android-26”.

tidak ketemunya build tools android 26, walaupun saya sudah menginstallnya. Saya tidak tahu kenapa masalah ini, tapi sepertinya mereka memang tidak bisa melakukan build tools diatas 25 (saat tulisan ini di buat). Solusinya adalah tetap pada build tools 25.xx ataupun menurunkannya pada posisi sdk 23 (Saya menggunakan sdk build tools android-23)

“Execution failed for task ‘:com.companyname.another_empty_android:lint’.”

Hampir sama di atas, saya mencoba melakukan pengecheckan build lint tersebut, tetapi sepertinya memang selalu ada masalah disitu, sehingga saya coba untuk di uncheck pada “Run Lint Code Analysis”. Cara itu berhasil buat saya.

“Constant name @@SleepMargin is not valid.”

Walau build berhasil di buat tetapi pada saat testing, terjadi masalah baru. Tulisan di atas muncul setelah aplikasi berjalan setelah itu aplikasi keluar. Hal ini cukup membingunkan, karena saya mencoba cek kembali xml yang di buat, dan sebetulnya sleep margin sendiri sudah ditulis, tetapi tetap saja error. Saat saya membaca di (https://forum.yoyogames.com/index.php?threads/constant-name-sleepmargin-is-not-valid.23414/)

Beberapa melakukan saran untuk melakukan update baik beta ataupun EA. Cara ini berhasil buat saya, saya melalukan update ke 1.4.17773 (sebelumnya menggunakan 1.4.1772).

Jika belum berhasil coba lakukan Jdk ke versi 8 seperti yang di tulis di artikel https://www.reddit.com/r/gamemaker/comments/6zizel/help_with_an_android_error_sleepmargin/

Ads yang tidak muncul

ini adalah salah satu yang cukup aneh, pada saat testing demo aplikasi, pada project demo. ads muncul dengan tidak ada masalah, tetapi saat saya mencobanya pada aplikasi saya ads tersebut tidak sama sekali muncul (walau menggunakan demo ads) dan adb menyebutkan

1
2
Exception thrown trying to call method GoogleMobileAds_Init on GooglePlayServicesExtension
Exception thrown trying to call method GoogleMobileAds_LoadInterstitial on GooglePlayServicesExtension

Solusiya saya menghapus Temp dan assets cache saya (sepertinya saat di tengah mencoba melakukan testing ads pada aplikasi, build tools tidak membawa package ads / package yang baru)

Kesimpulan

Pastikan kalian melakukan instalasi Android SDK versi 23 dan 25 (untuk mudahnya seperti itu), walaupun kalian sudah melakukan instalasi sdk yang baru. Selain itu selalu membaca artikel dari yoyo soal “require sdk” karena mereka selalu update soal tools yang baru dari situ.

Jika terdapat masalah saat build tetapi sebelumnya tidak ada masalah, coba lakukan check dengan empty project ataupun dengan menghapus cache yang ada, dan yang terakhir jangan pernah menyerah (motivasikan diri kalian sendiri) coba melakukan google ataupun bertanya di forum. Jika belum ada jawaban, gali hingga kalian berhasil menemukannya (ataupun kalian bisa menyerah dan melewakanya) 😛

nb : saya mencoba memberikan global-settings-android saya global settings android gamemaker 1.4

cheers 🙂