Fantasy Console

Apa yang ada di benak kalian sekalian tentang fantasy console? PS4 tapi cuma di angan2 (bayangan semata) atau console yang tidak nyata? Jika anda berpikiran seperti yang sudah saya sebutkan, mungkin anda belum tahu tentang pico-8, TIC-80, voxatron, ataupun pixelvision8.voxatron game

Fantasy console yang saya maksudkan adalah aplikasi layaknya sebuah game console, dimana kamu bisa membuat game, memainkan game, dan bertukar kaset (catridge) dengan sesama pengguna fantasy console. Fantasy console ditenarkan oleh lexaloffle (pembuat pico8 dan voxatron), dan selanjutnya di ikuti oleh TIC-80, LIKO12, pixelvision8.

PV8 music tools

Secara garis besar dari nama yang sudah saya sebutkan diatas miliki kesamaan, dimana semuanya di izinkan untuk membuat game, tetapi dengan terbatasnya resource yang kalian miliki, seperti “bit color”(warna), bahasa programming menggunakan LUA(ada yang menggunakan bahasa programming yang lain), dan line code yang terbatas.

(TIC80)

Tetapi walau dengan keterbatasan tersebut, kalian tetap miliki keleluasaan dalam mengembangkan game, hal ini sangat membantu membuat prototipe sebuah game, kalian bisa focus dengan game play apa yang kalian ingin kembangkan, dan hal apa yang ingin kalian tampilkan.

Cartridges

Okeh sebelum saya tutup, kalian bisa mengecheck aplikasi tersebut disini :

  1. voxatron & pico-8 (Harga $19.99)
  2. TIC-80 (Gratis, tetapi beberapa fitur mengharuskan kamu membayar)
  3. pixelvision8 (Open Source, tetapi untuk fitur pro kamu harus membayar $15)
  4. Fancade (gratis, bisa dimainkan di web, android dan ios)
  5. LIKO-12 (Gratis dan open source)
  6. PX8 (open source)
  7. Quaddplay (gratis dan open source)
  8. Vector Boy (gratis)
  9. Micro Studio

See you and cheers 🙂