Membuat global variable di Game Maker

Helo – helo

Saatnya kembali berkarya 😛 hehehe. Balik lagi neh sama saya, kali ini saya mau memberikan contoh sederhana membuat global variable didalam Game Maker. Oh iya, saya menggunakan GMS 1.4 sebagai contohnya, dan mungkin akan terlihat berbeda tampilan dengan GMS yang kalian punya (GM8 atauapun GMS2).

Ada 2 cara dalam pembuatan global variable. Cara yang pertama adalah membuat object dengan persistent ataupun benar-benar membuat sebuah global variable (GMS sendiri sudah menyiapkan cara untuk membuat global variable). Kita akan bahas cara tersebut secara mudah.

1. Membuat object persistent
Hal yang pertama kita bisa membuat global object persistent. Pertama kalian buat object seperti biasa, setelah itu pastikan (persistent) tercentang seperti gambar di bawah.


Jika sudah buat sebuah event create dan masukan code untuk mendeklarasikanya. Disini saya membuat variable dengan nama “scoring”.

Jika sudah, Pastikan object tersebut hanya ada 1x pada awal-awal room (saya biasanya membuat sebuah room untuk melakukan settings seperti ini, sebelum game berjalan) dan untuk setiap kali kalian ingin melakukan update terhadap object score, yaitu dengan memanggil object tersebut dan mengubah variablenya.

Contoh:

obj_control.scoring += 1;


2. Membuat global variable

Tidak jauh beda dengan yang sebelumnya, yang pertama harus dilakukan adalah melakukan pendeklarasian global variable pada sebuah object (hal ini wajib di lakukan, karena jika tidak global tidak akan di buat). Pilihlah salah satu object yang ada di awal2 room, dan beri event create pada object tersebut.


sebagai contoh, saya menggunakan object yang sama. Tetapi persistent object tidak dalam keadaan terchecklist

Setelah itu, kalian bebas memanggil “global.scoring” pada object manapun dan room apapun (walau object yang mendeklarasikanya sudah tidak ada, tetapi nilai global.scoring tetap bisa di ubah)

Bagaimana cukup mudah? kalian bisa memilih salah satu dari contoh tersebut. Tetapi pada GMS, saya sendiri lebih suka menggunakan cara ke 1, karena bagi saya akan lebih mudah melakukan pemfilteran global variable apa saja yang sudah saya buat, dan memastikan object tersebut masih ada.

Cheers. Reopucino

😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *